Minggu, 04 Oktober 2015

Teori dan Praktek

Salam sehat semua, sudah lama tidak berjumpa dengan anda semua. Untuk perjumpaan kali ini, saya akan sedikit bercerita mengangkat tema tentang hubungan Teori dan Praktek yang saya alami. Kenapa saya membahas tentang ini, karena mungkin perlu saya bagi pengalaman ini meskipun hanya sebatas cerita.


Hal ini terjadi pada tahun 2013 ketika saya membuka usaha pulsa. Waktu itu saya masih bekerja sebagai Tenaga Kependidikan di salah satu Madrasah Swasta. Saya memilki pandangan bahwa alasan utama saya kenapa membuka usaha pulsa karena untuk mengantisipasi pemasukan lain buat kelak ketika saya benar-benar ditakdirkan kuliah.

Saya memulai usaha ini tepat hari Kamis tanggal 17 Januari 2013. Di bulan September, pandanganku menjadi kenyataan bahwa saya bisa kuliah di STT STIKMA Internasional jurusan Teknik Informatika dan sampai sekarang masih semester 5.

Selama perjalan ini, banyak hal pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari dalam diri saya dan saya belum bisa menjawabnya. Namun saya tetap memiliki jawaban cadangan yang saya simpan sampai sekarang.

Akhirnya di semester 4 kemarin saya sudah menemukan jawaban tersebut dengan mengambil Mata Kuliah Kewirausahaan. Sekarang memasuki semester 5, saya juga mengambil Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas. Terjawab sudah pertanyaan-pertanyaan dulu yang pernah saya simpan.

Dari sini saya dapat menarik kesimpulan bahwa dulu saya mengambil keputusan tanpa melihat teori seperti yang saya terima di bangku kuliah. Sedangkan teori benar-benar dibutuhkan untuk memantapkan langkah selanjutnya.

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang terjawab di bangku kuliah :
1.    Untuk memulai usaha, hendaknya memikirkan peluang, hambatan, komptensi, menyurvei atau   meriset untu dijadikan bahan pemantapan, mempelajari apa penyebab kegagalan dan keberhasilan.
2.    Resiko itu pasti ada dan setiap langkah yang diambil pasti ada resiko yang dihadapi atau ditanggung. Resiko tidak dapat dihilangkan akan tetapi dapat kita memeililh resiko terkecil. Artinya Jika mengalami kesulitan yang diluar dugaan, maka dengan cepatlah mengambil langkah yang tidak membuat resiko fatal yang diterima.
3.    Data dan informasi akan sangat berguna sebagai statistik dan ini sangat membantu untuk membaca keadaan ke depannya tentang usaha tersebut.
4.    Kemampuan manajemen sangat diperlukan karena untuk mengoptimalkan semua aktivitas pada usaha tersebut.

Demikianlah yang dapat saya bagi untu kali ini, sampai jumpa.

[referensi]
Mata Kuliah Kewirausahaan.
Statistika dan Probabilitas.
My campus STT STIKMA Internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar