Senin, 13 April 2015

Hadapi Keluhan Pelanggan

Setiap produk/jasa memang sangat tidak mudah untuk bisa diterima di mata masyarkat. Apalagi jika sudah dapat kepercayaan, justru harus berhati-hati dalam menjaganya. Tak heran keluhan pun ada saja, entah itu murni dari pelanggan apa memang kesengajaan untuk menjatuhkan nama usaha. Nah dibawah ini akan saya uraikan cara menghadapi masalah tersebut.

Yang harus Anda ingat-ingat adalah :

1. Pelajari karakter, sifat, watak dan kepribadian pelanggan.
Apakah dia seorang yang sopan, lemah lembut, kasar, arogan dan sejenisnya. Jika mengetahui, maka sesuaikanlah gaya bicara Anda terhadap pelanggan tersebut. Contoh, jika pelanggan ternyata orangnya sopan lembah lembut, maka bersikap dan berbicaralah lebih sopan dan lebih lembut terhadapanya.

2. Bahasa yang tidak berbelit.
Hindari pelanggan merasa kebingungan atau ketidakpastian dengan apa yang Anda ucapkan (tepat sasaran ke topik). Maka pakailah bahasa yang bisa di mengerti oleh pelanggan dengan cara melihat poin 1 diatas.

3. Jangan melempar kesalahan.
Hindari menyalahkan pelanggan secara langsung. Anda bisa membuat suasaan tak nyaman. Yakinkan ke pelanggan bahwa itu murni kesalahan yang diluar dugaan antara kesalahan produk/kesalahan pelanggan sendiri.

4. Berikan Pelayanan lebih.
Hal ini diberikan untuk menutupi kekecewaan pelanggan yang telah mengeluh. Bisa Anda berikan lewat servise gratis, pengiriman gratis, atau biaya servis diskon dan lainnya.

5. Buat pelanggan Tenang.
Ini merupakan poin 2 diatas, akan tetapi yang dimaksud adalah ketika pelanggan pulang, dia tidak membawa rasa kecewa dan marah, sebisa mungkin untuk direda saat itu. Biasanya jika Anda berhasil, pelanggan tersebut akan kembali pada Anda. Dia menilai pelayanan Anda bagus dan tidak alasan lain untuk tidak kembali/terus menjadi pelanggan tetap Anda. Karena banyak sekali mereka mengutamakan penjualan semata sendang pelayanannya yang buruk.

Referensi :
Andria, Riska. "Manajemen Komplain : 10 Tips Menangani Keluhan Pelanggan".http://blog.sribulancer.com. Nov 2014. Web. 14 April 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar